Rabu, 10 Desember 2014

Ditulis dan dipostingkan oleh Penulis.
Shobat...Pada posting ini, aku ceritakan sedikit tentang pengalaman mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SD/MI,SMP/MTS,SMA,MA dan SMK dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang telah dilaksanakan oleh LPMP Jateng pada Hari Sabtu,Minggu dan Senin tanggal 6 hingga 8 Desember 2014.

LPMP Jawa Tengah pada tanggal tersebut telah melaksanakan dua Lomba sekaligus yaitu Lomba MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Dua minggu sebelumya, penulis melihat pengumuman online tentang Lomba MPI dan telah membuat MPI dalam Microsof Power Point deangan judul Narrative dan telah penulis kirimkan ke LPMP. Seminggu sebelum lomba, aku memperoleh SMS dari PPTK Disdik Kab Pati untuk mengikuti Lomba PTK di LPMP Jateng  mewakili unsur guru. Setelah aku berfikir beberapa saat, aku sanggupi tugas tersebut. Membuat Karya Tulis Ilmiah atau PTK dengan judul baru dalam waktu 3 atau 4 hari adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, aku menggunakan PTK yang telah aku buat dua tahun yang lalu dan aku edit format penulisan sesuai dengan yang dipersyaratkan pada lomba tersebut : Kerangka penulisan Jenis huruf, spasi, margin dll. Setelah dua malam pengeditan dan telah kujilidkan, KTI aku aku mintakan Pengantar dari Disdik Kab. Pati dan aku kirimkan karya tersebut ke LPMP lewat POS dengan kilat kusus. Sudah dapat diprediksi, sebuah Karya Tulis yang dikerjakan dalam waktu yang sangat singkat pasti hasilnya kurang memuaskan.

Tanggal 5 Desember 2014, Karya MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) yang telah aku kirimkan terlebih dahulu, ada pada daftar peserta lomba yang telah diumumkan oleh LPMP. Tanggal 6 Desember, dengan bersepeda motor aku berangkat untuk mengikuti Lomba MPI dan KTI. Setelah sampai di LPMP aku matur kepada Panitia pada saat regristasi bahwa aku akan mengikuti dua lomba sekaligus yaitu MPI dan KTI. Tetapi Panitia memberikan pilihan kepadaku, bahwa aku harus memilih salah satu diantara dua bidang lomba tersebut. Aku akhirnya memilih bidang Lomba KTI yang mana aku melaksankan Tugas dari Disdik Kab. Pati dari unsur guru. Walau namaku sudah terdaftar di Lomba MPI, aku harus rela melepas Lomba MPI untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Aku tidak kecewa. Aku bisa memahami hal tersebut. Memang secara logika adalah tidak mungkin mengikuti dua lomba dalam waktu yang bersamaan. Walaupun pada lomba tersebut karya Penulis belum bisa memperoleh Peringkat yang memuaskan, tetapi ada beberapa manfaat yang sangat besar pada lomba Karya Tulis Ilmiah tersebut.

Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah:
1. Karya Tulis ku dengan judul : Meningkatkan Kompetensi Membaca Bahasa Inggris Melalui Media Digvorata yang telah aku tulis, secara tidak langsung telah dihargai di Propinsi Jawa Tengah.

2. Aku memperoleh umpan balik dari Para Dewan Juri dari KTI yang telah aku buat, dimana letak kekurangannya. Dalam membuat PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) paling tidak harus ada unsur-unsur a. Pendahuluan, b. Kajian Teori dan Penelitian sebelumnya yang relevan, c. Metode Penelitian, d. Hasil Penelitian dan Pembahasan dan e. Penutup : Kesimpulan dan Saran. dan f. Lampiran-Lampiran.

3. Manfaat yang ketiga adalah memperoleh Ilmu baru bagaimana menulis PTK yang baik baik dari para dewan Juri atau para teman peserta dari unsur guru SD,MI,SMP,MTS,SMA,SMK dan MA (43 peserta lomba) yang bersal dari Kabupaten atau Kota yang tersebar dari Provinsi Jawa Tengah.

4. Memperoleh inspirasi baru untuk menulis dan menulis lagi.

5. Menambah teman dan memperoleh wawasan baru untuk Learning How To Learn.
Shobat, Demikian semoga posting ini ada bermanfaat.....khususnya bagi penulis sendiri dan para pembaca yang berkenan membaca....Semoga....

0 komentar:

Posting Komentar